RPP BAHASA INDONESIA TEKS PROSEDUR KD 3.2 DAN 4.2 KELAS XI 2020/ 2021

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Mata Pelajaran

Nama Madrasah

Kelas/Semester

Materi Pokok

Alokasi Waktu

Bahasa Indonesia

MAN 1 Pontianak

XI /Ganjil

Teks Prosedur

4 X 45 menit 

 

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.2 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur


3.2.1 Mengungkapkan kembali struktur teks prosedur

3.2.2 Mengungkapkan kembali aspek kebahasaan teks                   prosedur

4.2 Mengembangkan teks prosedur dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan

4.1.1 Menyusun rancangan garis besar suatu prosedur


4.1.2 Mengembangkan teks prosedur dengan memperhatikan struktur dan unsur kebahasaan

 

v  Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran problem based learning,  peserta didik dapat mengungkapkan kembali struktur dan aspek kebahasaan teks prosedur, dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, dan komunikatif selama proses pembelajaran.

v  Langkah-Langkah Pembelajaran (model problem based learning

1.    Peserta didik menyimak tujuan pembelajaran.

2.    Peserta didik membaca contoh teks prosedur, menggali informasi, dan memberikan tanggapan terhadap teks yang dibaca. 

3.    Peserta didik membentuk kelompok belajar sesuai arahan pendidik dengan mempertimbangkan kemampuan akademik dan gender.  

4.    Peserta didik dengan difasilitasi dan dibimbing guru menelaah dan mendiskusikan teks prosedur untuk mengungkapkan kembali struktur dan aspek kebahasaan teks prosedur.   

5.    Peserta didik menjawab permasalahan yang telah ditelaah, menyajikan laporan pembahasan hasil temuan dan penarikan kesimpulan di depan kelas. . 

6.    Peserta didik dalam kelompok lain menilai atau menanggapi hasil kerja kelompok lain. 

7.    Peserta didik menarik kesimpulan.

8.    Pendidik melakukan evaluasi hasil belajar mengenai materi yang telah dipelajari.

v  Penilaian

1.  Sikap: Observasi saat pembelajaran tentang rasa ingin tahu, tanggung jawab, komunikatif.

2.  Pengetahuan: Tes tertulis bentuk uraian tentang mengungkapkan kembali struktur dan aspek                              kebahasaan teks prosedur.

3. Keterampilan: Produk hasil mengungkapkan kembali struktur dan aspek kebahasaan teks                                    prosedur.

 

                                                                                                                        Pontianak,     Juli 2020

Mengetahui

Kepala Madrasah                                                                                  Guru Mata Pelajaran 

 

 

Drs. H. Razali, M.Pd.                                                                            Yulianti, S. Pd.

NIP. 196505191992031002                                                                    NIP. 198807172019032009 




Teks Prosedur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar