RPP BAHASA INDONESIA TEKS EKSPLANASI KD 3.3 DAN 4.3 KELAS XI 2020/ 2021

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Nama Madrasah        : MAN 1 Pontianak
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester           : XI / Ganjil
Materi Pokok             : Eksplanasi
Alokasi Waktu           : 2 X 45 Menit

v Kompetensi Dasar

3.3 Mengidentifikasi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi lisan dan tulis

4.3 Mengkonstruksi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis

v Tujuan Pembelajaran

Setelah memperoleh penjelasan dan membaca, peserta didik dapat :

1.   Menentukan informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi lisan dan tulis.

2.    Menemukan makna tersirat dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis

3.  Mengkonstruksi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis

4.    Menyajikan hasil teks eksplanasi.

v Materi Pembelajaran

        1.       Teks Eksplanasi:

a.     Fakta

b.     Pernyataan-pernyataan sebab-akibat (kausalitas).

 v Metode dan Teknik Pembelajaran

            ·         Metode : Pembelajaran di rumah

            ·         Teknik : Penugasan melalui Elearning Madrasah

v Kegiatan Pembelajaran

1.  Guru membuat materi belajar di Elearning Madrasah dan membagikan link kepada peserta didik untuk dibaca. (https://www.youtube.com/watch?v=1wkHgIISY3c&t=27s)

2. Guru menampilkan materi memahami informasi pengetahuan dan urutan kejadian pada teks eksplanasi melalui Elearning Madrasah.

     (https://www.youtube.com/watch?v=1wkHgIISY3c&t=27s).

3.  Peserta didik melakukan pengamatan dari materi teks eksplanasi yang ditampilkan guru melalui Elearning Madrasah.

4. Peserta didik melakukan kegiatan membaca dan mencermati contoh teks eksplanasi yang ditampilkan melalui Elearning Madrasah. (https://www.studiobelajar.com/teks-eksplanasi/)

5.  Peserta didik mengerjakan tugas tentang memahami isi dan sistematika teks eksplanasi yang ditampilkan guru melalui Elearning Madrasah yang dikerjakan melalui link google form.

6.    Peserta didik diberikan kesempatan mengerjakan tugas tersebut.

7. Peserta didik menyimpulkan dalam bentuk komentar melalui penilaian pengetahuan dan keterampilan materi informasi pengetahuan dan urutan kejadian pada teks eksplanasi yang telah dibaca dan diupload di Elearning Madrasah.

8. Guru memonitoring hasil kerja peserta didik pada Elearning Madrasah dan melakukan penillaian

v Penilaian

    Penilaian dalam bentuk esai yaitu dalam bentuk hasil kerja peserta didik pada Elearning Madrasah.


Pontianak,     Juli 2020

Mengetahui,

Kepala Madrasah                                                                               Guru Mata Pelajaran 

 

 

Drs. H. Razali, M.Pd.                                                                         Yulianti, S. Pd.

NIP. 196505191992031002                                                                NIP. 198807172019032009    





  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar