RPP BAHASA INDONESIA TEKS PROSEDUR KD 3.2 DAN 4.2 KELAS XI 2020/ 2021

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Mata Pelajaran

Nama Madrasah

Kelas/Semester

Materi Pokok

Alokasi Waktu

Bahasa Indonesia

MAN 1 Pontianak

XI /Ganjil

Teks Prosedur

4 X 45 menit 

 

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.2 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur


3.2.1 Mengungkapkan kembali struktur teks prosedur

3.2.2 Mengungkapkan kembali aspek kebahasaan teks                   prosedur

4.2 Mengembangkan teks prosedur dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan

4.1.1 Menyusun rancangan garis besar suatu prosedur


4.1.2 Mengembangkan teks prosedur dengan memperhatikan struktur dan unsur kebahasaan

 

v  Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran problem based learning,  peserta didik dapat mengungkapkan kembali struktur dan aspek kebahasaan teks prosedur, dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, dan komunikatif selama proses pembelajaran.

v  Langkah-Langkah Pembelajaran (model problem based learning

1.    Peserta didik menyimak tujuan pembelajaran.

2.    Peserta didik membaca contoh teks prosedur, menggali informasi, dan memberikan tanggapan terhadap teks yang dibaca. 

3.    Peserta didik membentuk kelompok belajar sesuai arahan pendidik dengan mempertimbangkan kemampuan akademik dan gender.  

4.    Peserta didik dengan difasilitasi dan dibimbing guru menelaah dan mendiskusikan teks prosedur untuk mengungkapkan kembali struktur dan aspek kebahasaan teks prosedur.   

5.    Peserta didik menjawab permasalahan yang telah ditelaah, menyajikan laporan pembahasan hasil temuan dan penarikan kesimpulan di depan kelas. . 

6.    Peserta didik dalam kelompok lain menilai atau menanggapi hasil kerja kelompok lain. 

7.    Peserta didik menarik kesimpulan.

8.    Pendidik melakukan evaluasi hasil belajar mengenai materi yang telah dipelajari.

v  Penilaian

1.  Sikap: Observasi saat pembelajaran tentang rasa ingin tahu, tanggung jawab, komunikatif.

2.  Pengetahuan: Tes tertulis bentuk uraian tentang mengungkapkan kembali struktur dan aspek                              kebahasaan teks prosedur.

3. Keterampilan: Produk hasil mengungkapkan kembali struktur dan aspek kebahasaan teks                                    prosedur.

 

                                                                                                                        Pontianak,     Juli 2020

Mengetahui

Kepala Madrasah                                                                                  Guru Mata Pelajaran 

 

 

Drs. H. Razali, M.Pd.                                                                            Yulianti, S. Pd.

NIP. 196505191992031002                                                                    NIP. 198807172019032009 




Teks Prosedur

RPP BAHASA INDONESIA TEKS PROSEDUR KI 3.1 DAN 4.1 KELAS XI 2020/ 2021

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Mata Pelajaran

Nama Madrasah

Kelas/Semester

Materi Pokok

Alokasi Waktu

Bahasa Indonesia

MAN 1 Pontianak

XI /Ganjil

Teks Prosedur

4 X 45 menit 

 

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.1 Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur

3.1.1 menemukan informasi berupa pernyataan umum   dan tahapan dalam teks prosedur yang dibaca

3.1.2 menemukan tujuan teks prosedur yang dibaca

3.1.3 menemukan esensi teks prosedur yang dibaca

4.1 Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur yang tepat secara lisan dan tulis


4.1.1 merancang informasi berupa pernyataan umum   dan tahapan dalam teks prosedur yang dibaca

4.1.2 merancang tujuan yang harus disajikan dalam               teks prosedur

4.1.3 merancang esensi yang harus disajikan dalam               teks prosedur.       

A.   Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran problem based learning,  peserta didik dapat mengidentifikasi dan merancang informasi, tujuan, dan esensi dalam prosedur dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, dan komunikatif selama proses pembelajaran.

B. Langkah-Langkah Pembelajaran (model problem based learning

  1. Peserta didik menyimak tujuan pembelajaran.
  2. Peserta didik membaca contoh teks prosedur, menggali informasi, dan memberikan tanggapan terhadap teks yang dibaca. 
  3. Peserta didik membentuk kelompok belajar sesuai arahan pendidik dengan mempertimbangkan kemampuan akademik dan gender.
  4. Peserta didik dengan difasilitasi dan dibimbing guru menelaah dan mendiskusikan teks prosedur untuk menemukan dan merancang informasi, tujuan, dan esensi pada teks prosedur.
  5. Peserta didik menjawab permasalahan yang telah diidentifikasi, menyajikan laporan pembahasan hasil temuan dan penarikan kesimpulan di depan kelas.
  6. Peserta didik dalam kelompok lain menilai atau menanggapi hasil kerja kelompok lain.
  7. Peserta didik menarik kesimpulan.
  8. Pendidik melakukan evaluasi hasil belajar mengenai materi yang telah dipelajari.

C. Penilaian

  1. Sikap: Observasi saat pembelajaran tentang rasa ingin tahu, tanggung jawab, komunikatif.
  2. Pengetahuan: Tes tertulis bentuk uraian tentang mengidentifikasi informasi, tujuan, dan esensi dalam teks prosedur.
  3. Keterampilan: Produk hasil merancang informasi, tujuan, dan esensi yang akan disajikan dalam teks prosedur.

 

                                                                                                   Pontianak,   Juli 2020

Mengetahui

Kepala Madrasah                                                                       Guru Mata Pelajaran 

 

 

Drs. H. Razali, M.Pd.                                                                Yulianti, S. Pd.

NIP. 196505191992031002                                                     NIP. 198807172019032009    


     Teks Prosedur