RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran |
Nama Madrasah |
Kelas/Semester |
Materi Pokok |
Alokasi Waktu |
Bahasa Indonesia |
MAN 1 Pontianak |
XI /Ganjil |
Teks Prosedur |
4 X 45 menit |
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian
Kompetensi |
3.2 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur |
3.2.1 Mengungkapkan kembali
struktur teks prosedur 3.2.2 Mengungkapkan kembali aspek
kebahasaan teks prosedur |
4.2 Mengembangkan
teks prosedur dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan
kebahasaan |
4.1.1 Menyusun rancangan garis
besar suatu prosedur 4.1.2 Mengembangkan teks prosedur
dengan memperhatikan struktur dan unsur kebahasaan |
v Tujuan Pembelajaran
Melalui
kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran problem based
learning, peserta didik dapat mengungkapkan kembali
struktur dan aspek kebahasaan teks prosedur, dengan rasa ingin tahu,
tanggung jawab, dan komunikatif selama proses pembelajaran.
v Langkah-Langkah Pembelajaran (model problem based learning)
1. Peserta didik menyimak tujuan
pembelajaran.
2. Peserta didik membaca contoh
teks prosedur, menggali informasi, dan memberikan tanggapan terhadap teks yang
dibaca.
3. Peserta didik membentuk
kelompok belajar sesuai arahan pendidik dengan mempertimbangkan kemampuan
akademik dan gender.
4. Peserta didik dengan
difasilitasi dan dibimbing guru menelaah dan mendiskusikan teks prosedur untuk mengungkapkan kembali struktur dan aspek kebahasaan teks
prosedur.
5. Peserta didik menjawab permasalahan
yang telah ditelaah, menyajikan laporan pembahasan hasil temuan dan penarikan
kesimpulan di depan kelas. .
6. Peserta didik dalam kelompok
lain menilai atau menanggapi hasil kerja kelompok lain.
7. Peserta didik menarik kesimpulan.
8. Pendidik melakukan evaluasi hasil belajar mengenai materi yang telah dipelajari.
v Penilaian
1. Sikap: Observasi saat
pembelajaran tentang rasa ingin tahu, tanggung jawab, komunikatif.
2. Pengetahuan: Tes tertulis bentuk uraian tentang mengungkapkan kembali struktur dan aspek kebahasaan teks prosedur.
3. Keterampilan: Produk hasil mengungkapkan kembali struktur dan aspek kebahasaan teks prosedur.
Pontianak,
Juli 2020
Mengetahui
Kepala
Madrasah Guru
Mata Pelajaran
Drs. H. Razali, M.Pd. Yulianti, S. Pd.
NIP. 196505191992031002 NIP. 198807172019032009