TEKS CERPEN: PENGERTIAN, STRUKTUR, KEBAHASAAN




 TEKS CERPEN

A. Pengertian Teks Cerpen

        Cerita pendek (cerpen) merupakan karangan pendek yang berbentuk prosa. Cerpen menurut fisiknya adalah cerita yang terdiri dari 500-5.000 kata yang biasanya selesai dibaca dalam waktu 10-30 menit. bahasa yang digunakan seperti bahasa sehari-hari. Sebuah cerpen mengisahkan sepenggal kehidupan tokoh yang penuh pertikaian, peristiwa, dan pengalaman. oleh karena hanya megisahkan masalah sederhana dan diceritakan secara singkat, tokoh dalam cerpen tidak sampai mengalami perubahan nasib. 
        Sebuah cerpen ditulis oleh seorang pengarang sehingga cerpen tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari.Cerita dalam cerpen mengandung nilai-nilai kehidupan yang berada di sekitar pengarang cerpen. 
Nilai yang terkandung dalam cerpen, yaitu:
1. Nilai moral (akhlak/budi pekerti/ susila/ baik buruknya tingkah laku)
2. Nilai sosial (norma masyarakat)
3. Nilai religius (agama)
4. Nilai pendidikan (perubahan tingkah laku dari yang buruk ke yang baik)
5. Nilai politis (pemerintahan)
6. Nilai etika (sopan santun)
7. Nilai budaya (adat istiadat)
8. Nilai Kemanusiaan (sifat manusia)

B. Unsur Pembangun Cerpen

Cerpen dibangun oleh unsur intrinsik dan ekstrinsik.
1. Unsur intrinsik adalah unsur yang membangun karya sastra dari dalam. Unsur intrinsik mencangkup hal-hal berikut.
a. Tema adalah ide pokok cerita
b. Alur adalah susunan peristiwa atau kejadian yeng membentuk cerita. Alur dibagi menjadi 3, yaitu alur maju, alur mundur, dan alur campuran. Tahapan alur sebagai berikut.
1). Tahapan pengenalan situasi cerita( perkenalan), berupa pengenalan tokoh, latar, dan sebagainya.
2). Tahapan pemunculan masalah (penanjakan)
3). Tahapan peningkatan/perkembangan konflik
4). Tahapan puncak konflik (klimaks)
5). Tahapan penyelesaian konflik (anti klimaks)
c. Penokohan adalah penggambaran dan pengembangan karakter/ sifat tokoh dalam cerita.
Karakter tokoh dapat dijelaskan secara langsung (analitik) dan tidak langsung (dramatik).
1). Metode analitik (langsung) adalah metode pemberian watak tokoh oleh pengarang dengan mendeskripsikan wataknya secara langsung
2). Metode dramatik ( tidak langsung) adalah metode pemberian watak tokoh oleh pengarang dengan menampilkan tokoh secara tidak langsung atau tidak mendeskripsikan secara eksplisit sifat serta tingkah laku tokoh. Metode tidak langsung ini dilakukan melalui tindakan tokoh, pikiran tokoh, dialog antartokoh, deskripsi fisik tokoh, reaksi, lingkungan sekitar tokoh serta tahapan tokoh lain.
Ada 4 jenis tokoh yang digambarkan dalam cerpen, antara lain:

1)       Protagonis: Tokoh yang yang menjadi aktor atau pemeran utama dan mempunyai sifat yang baik.

2)       Antagonis: Tokoh ini juga menjadi pemeran utama yang menjadi lawan daripada tokoh
protagonis. Tokoh antagonis memiliki watak yang negatif seperti: iri, dengki, sombong, angkuh, congkak dan lain-lain.

3)       Tritagonis: Tokoh ini adalah tokoh penengah dari protagonis dan antara antagonis. Tokoh ini biasanya memiliki sifat yang arif dan bijaksana.

4)       Figuran: Tokoh ini merupakan tokoh pendukung yang memberikan tambahan warna dalam cerita.

d. Latar atau setting adalah tempat, waktu, dan suasana berlangsungnya kejadian dalam cerita.
e. Sudut pandang (point of view) adalah posisi pengarang dalam membawakan cerita. Sudut pandang dalam cerita dibagi menjadi :
1). Sudut pandang orang pertama pelaku utama
2). Sudut pandang orang pertama pelaku sampingan
3). Sudut pandang orang ketiga serbatau
4). Sudut pandang orang ketiga pengamat
f. Gaya bahasa adalah ciri khas sang penulis dalam menyampaikan tulisannya kepada publik. Baik itu penggunaan majasnya, diksi dan pemilihan kalimat yang tepat di dalam cerpennya.
g. Amanat adalah pesan moral atau pelajaran yang dapat kita petik dari cerita pendek tersebut. Amanat biasanya tidak ditulis secara langsung, melainkan tersirat dan akan bergantung sesuai pemahaman pembaca akan cerita pendek itu.
2. Unsur Ekstrinsik adalah unsur-unsur cerpen yang berada diluar karya sastra tetapi berpengaruh dalam proses pembuatan cerpen. Unsur intrinsik mencangkup hal-hal berikut.

a. Latar belakang masyarakat merupakan faktor lingkungan masyarakat sekitar yang mempengaruhi penulis dalam membuat cerpen tersebut. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi penulis, diantaranya sebagai berikut:

1) Ideologi Negara

2) Kondisi Politik

3) Kondisi Sosial

4) Kondisi Ekonomi

b.Latar belakang penulis adalah sebuah faktor dari dalam diri penulis yang mendorong penulis dalam membuat cerpen. Latar belakang penulis terdiri dari beberapa faktor, diantaranya adalah:

1) Riwayat Hidup Penulis

2) Kondisi Psikologis

3) Aliran Sastra Penulis

c. Nilai yang terkandung dalam cerpen, nilai yang menjadi unsur ekstrinsik dalam sebuah cerpen adalah:

1) Nilai Agama

2) Nilai Sosial

3) Nilai Moral

4) Nilai Budaya


C. Struktur Cerpen

Struktur cerpen, antar lain:

1.     Abstrak adalah gambaran awal cerita berisi rangkuman atau intisari dari cerita, dan  juga pembaca bisa memperkirakan pesan yang ingin disampaikan oleh penulis.

2.    Orientasi adalah pengenalan tokoh dan latar diperkenalkan. Latar, yang terdiri atas latar waktu, suasana, dan tempat, diceritakan baik langsung maupun tak langsung, begitupun dari watak tokoh.

3.  Komplikasi adalah bagian tengah, seorang penulis memiliki tugas yang sulit untuk membuat pembaca tertarik, sebelum mencapai akhir cerita. Tokoh-tokoh akan menghadapi konflik, dan seringkali hal-hal menjadi lebih buruk bagi mereka dan mereka perlu menemukan cara untuk membereskannya. Bagian inilah disebut dengan komplikasi.

4.  Evaluasi adalah bagian yang menyajikan perjalanan konflik sampai ke titik tertinggi (klimaks) yang setelahnya akan ditemukan pemecahan ataupun peleraian.

5.  Resolusi disebut juga dengan peleraian, yaitu saat titik tertinggi mulai menurun hingga bertemu pada bagian koda.

6.  Koda adalah bagian akhir dari cerpen. Penulis akan menyampaikan pesan moralnya baik secara eksplisit maupun implisit.


 D. Kaidah Kebahasaan Cerpen

Cerpen memiliki ciri-ciri kebahasaan, antara lain:

1. Menggunakan pendeskripsian yang kuat. Dalam mendeskripsikan fisik tokoh penulis menggunakan kata-kata sifat untuk perbandingan. Hal ini juga yang dibutuhkan untuk menggambarkan suasana, seperti suasana di sawah ataupun di sebuah gua. Kepiawaian penulis sangat dibutuhkan agar semakin membuat pembaca menyelam ke dalam cerita.

2. Menggunakan frasa adverbial (kata keterangan) untuk menunjukkan latar tempat atau pun waktu, seperti pada pagi hari, di sebuah desa, pada dinihari, dsb.

3.   Menggunakan kalimat langsung dan ada juga yang tak langsung, ataupun berupa dialog.

4.  Menggunakan kata-kata kiasan atau konotatif, seperti dewi pagi yang berarti matahari, surga dunia yang berarti merujuk pada tempat-tempat hiburan atau pariwisata.

5. Menggunakan bahasa yang informal ataupun semiformal. Meskipun demikian, tanda baca digunakan secara tepat berdasarkan aturan PUEBI.


RPP BAHASA INDONESIA TEKS CERAMAH KD 3.6 DAN 4.6 KELAS XI 2020/ 2021

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Nama Madrasah           : MAN 1 Pontianak

Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester             : XI / Ganjil

Materi Pokok               : Ceramah

Alokasi Waktu             : 2 X 45 Menit

 

v Kompetensi Dasar

3.5 Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah

4.6 Mengkonstruksi ceramah tentang permasalahan aktual dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan menggunakan struktur yang tepat

v Tujuan Pembelajaran

Setelah memperoleh penjelasan dan membaca, peserta didik dapat :

1.    Mengidentifikasi isi dan struktur dalam teks ceramah.

2.    Mengidentifikasi kaidah kebahasaan dalam teks ceramah.

3.    Menentukan aspek-aspek yang disunting dalam teks ceramah

4.    Menyampaikan hasil suntingan teks ceramah teks ceramah dengan memperhatikan penguasaan materi. vokal, gesture, ekspresi, dan intonasi.


v Materi Pembelajaran

1.    Struktur Teks Ceramah

a.       Pendahuluan ( tesis)

b.       Isi ( rangkaian argumen)

c.       Penutup ( penegasan kembali)

2.    Kaidah Kebahasaan Teks Ceramah

a.       Menggunakan kata ganti orang pertama/ tunggal (aku, saya) dan kata ganti orang kedua jamak (kami), sebagai sapaan.

b.       Menggunakan kata-kata teknis atau peristilahan yang berkenaan dengan topik yang dibahas. 

c.       Menggunakan kata-kata yang menunjukan hubungan argumentasi (sebab akibat), misalnya jika, maka, sebab, dll.

d.       Menggunakan kata-kata kerja mental, seperti memperhatikan, mengagumkn, menduga, dll.

e.       Menggunakan kata-kata persuasif, seperti hendaklah, sebaiknya, perlu, dll.


v Metode dan Teknik Pembelajaran

  • Metode : Pembelajaran di rumah
  • Teknik  : Penugasan melalui Elearning Madrasah


v Kegiatan Pembelajaran

1. Guru membuat materi belajar di Elearning Madrasah dan membagikan link kepada peserta didik untuk dibaca. (https://www.blogger.com/u/1/blog/post/edit/4799017112524136392/8361121239203142334?hl=id)

2.   Guru menampilkan materi memahami informasi dan permasalahan aktual yang didengar atau yang dibaca pada teks cermah melalui Elearning Madrasah.

        (https://www.blogger.com/u/1/blog/post/edit/4799017112524136392/8361121239203142334?hl=id )

3.  Peserta didik melakukan pengamatan dari materi teks ceramah yang ditampilkan guru melalui Elearning Madrasah.

4.    Peserta didik melakukan kegiatan membaca dan mencermati contoh teks ceramah yang ditampilkan melalui Elearning Madrasah. (https://www.blogger.com/u/1/blog/post/edit/4799017112524136392/8361121239203142334?hl=id)

5. Peserta didik mengerjakan tugas tentang memahami isi, struktur, dan kebahasaan teks ceramah yang ditampilkan guru melalui Elearning Madrasah yang dikerjakan melalui link penilaian pengetahuan dan keterampilan.

6.    Peserta didik diberikan kesempatan mengerjakan tugas tersebut.

7.   Peserta didik menyimpulkan dalam bentuk komentar melalui penilaian pengetahuan dan keterampilan materi informasi pengetahuan dan urutan kejadian pada teks ceramah yang telah dibaca dan diupload di Elearning Madrasah.

8.   Guru memonitoring hasil kerja peserta didik pada Elearning Madrasah dan melakukan penillaian

v Penilaian

Penilaian dalam bentuk esai yaitu dalam bentuk hasil kerja peserta didik pada Elearning Madrasah.

 

Pontianak,     Juli 2020

Mengetahui,

Kepala Madrasah                                                                           Guru Mata Pelajaran 

 

 

Drs. H. Razali, M.Pd.                                                                    Yulianti, S. Pd.

NIP. 196505191992031002                                                           NIP 198807172019032009



RPP CERAMAH KD 3.5 DAN 4.5

TEKS CERAMAH

VIDEO

RPP BAHASA INDONESIA TEKS CERAMAH KD 3.5 DAN 4.5 KELAS XI 2020/ 2021

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Nama Madrasah         : MAN 1 Pontianak

Mata Pelajaran           : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester           : XI / Ganjil

Materi Pokok             : Ceramah

Alokasi Waktu            : 2 X 45 Menit

 

v Kompetensi Dasar

3.5   Mengidentifikasi informasi berupa permasalahan actual yang disajikan dalam ceramah

3.6   Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan untuk disajikan dalam ceramah

v Tujuan Pembelajaran

Setelah memperoleh penjelasan dan membaca, peserta didik dapat :

1.       Memahami informasi dan permasalahan yang didengar atau yang dibaca.

2.       Menemukan informasi dan permasalahan aktual dalam teks ceramah.

3.       Menelaah bagian-bagian penting dalam teks ceramah.

4.       Menemukan kalimat majemuk bertingkat dalam teks ceramah.

 

v Materi Pembelajaran

·      Pengertian Teks Ceramah

Teks ceramah adalah teks yang berisi tentang informasi, pengetahuan, pemikiran, gagasan, yang akan disampaikan kepada khalayak umum.

Selain itu, ada pula yang disebut dengan pidato dan khotbah. Untuk memahami kedua hal tersebut, cermatilah perbedaan di antara keduanya.

a.   Pidato, adalah pembicaraan di depan umum yang cenderung bersifat persuasive, yakni berisi ajakan ataupun dorongan pada khalayak untuk berbuat sesuatu.

b.    Khotbah adalah pembicaraan di depan umum yang berisi penyampaian pengetahuan keagamaan atau praktik beribadah dan ajakan-ajakan untuk memperkuat keislaman.

 

v Metode dan Teknik Pembelajaran

·         Metode : Pembelajaran di rumah

·         Teknik  : Penugasan melalui Elearning Madrasah

v Kegiatan Pembelajaran

1. Guru membuat materi belajar di Elearning Madrasah dan membagikan link kepada peserta didik untuk dibaca. (https://www.blogger.com/u/1/blog/post/edit/4799017112524136392/8361121239203142334?hl=id)

2.  Guru menampilkan materi memahami informasi dan permasalahan aktual yang didengar atau yang dibaca pada teks cermah melalui Elearning Madrasah.

(https://www.blogger.com/u/1/blog/post/edit/4799017112524136392/8361121239203142334?hl=id )

3.  Peserta didik melakukan pengamatan dari materi teks ceramah yang ditampilkan guru melalui Elearning Madrasah.

4.    Peserta didik melakukan kegiatan membaca dan mencermati contoh teks ceramah yang ditampilkan melalui Elearning Madrasah.

(https://www.blogger.com/u/1/blog/post/edit/4799017112524136392/8361121239203142334?hl=id)

5.  Peserta didik mengerjakan tugas tentang memahami isi dan sistematika teks ceramah yang ditampilkan guru melalui Elearning Madrasah yang dikerjakan melalui link penilaian pengetahuan dan keterampilan.

6.    Peserta didik diberikan kesempatan mengerjakan tugas tersebut.

7.   Peserta didik menyimpulkan dalam bentuk komentar melalui penilaian pengetahuan dan keterampilan materi informasi pengetahuan dan urutan kejadian pada teks ceramah yang telah dibaca dan diupload di Elearning Madrasah.

8.   Guru memonitoring hasil kerja peserta didik pada Elearning Madrasah dan melakukan penillaian

v Penilaian

Penilaian dalam bentuk esai yaitu dalam bentuk hasil kerja peserta didik pada Elearning Madrasah.

 

Pontianak,     Juli 2020

Mengetahui

Kepala Madrasah                                                                           Guru Mata Pelajaran 

 

 

Drs. H. Razali, M.Pd.                                                                    Yulianti, S. Pd.

NIP. 196505191992031002                                                             NIP 198807172019032009   


TEKS CERAMAH   

VIDEO CERAMAH

RPP CERAMAH KD 3.6 DAN 4.6