RPP BAHASA INDONESIA TEKS PROSEDUR KD 3.2 DAN 4.2 KELAS XI 2020/ 2021

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Mata Pelajaran

Nama Madrasah

Kelas/Semester

Materi Pokok

Alokasi Waktu

Bahasa Indonesia

MAN 1 Pontianak

XI /Ganjil

Teks Prosedur

4 X 45 menit 

 

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.2 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur


3.2.1 Mengungkapkan kembali struktur teks prosedur

3.2.2 Mengungkapkan kembali aspek kebahasaan teks                   prosedur

4.2 Mengembangkan teks prosedur dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan

4.1.1 Menyusun rancangan garis besar suatu prosedur


4.1.2 Mengembangkan teks prosedur dengan memperhatikan struktur dan unsur kebahasaan

 

v  Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran problem based learning,  peserta didik dapat mengungkapkan kembali struktur dan aspek kebahasaan teks prosedur, dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, dan komunikatif selama proses pembelajaran.

v  Langkah-Langkah Pembelajaran (model problem based learning

1.    Peserta didik menyimak tujuan pembelajaran.

2.    Peserta didik membaca contoh teks prosedur, menggali informasi, dan memberikan tanggapan terhadap teks yang dibaca. 

3.    Peserta didik membentuk kelompok belajar sesuai arahan pendidik dengan mempertimbangkan kemampuan akademik dan gender.  

4.    Peserta didik dengan difasilitasi dan dibimbing guru menelaah dan mendiskusikan teks prosedur untuk mengungkapkan kembali struktur dan aspek kebahasaan teks prosedur.   

5.    Peserta didik menjawab permasalahan yang telah ditelaah, menyajikan laporan pembahasan hasil temuan dan penarikan kesimpulan di depan kelas. . 

6.    Peserta didik dalam kelompok lain menilai atau menanggapi hasil kerja kelompok lain. 

7.    Peserta didik menarik kesimpulan.

8.    Pendidik melakukan evaluasi hasil belajar mengenai materi yang telah dipelajari.

v  Penilaian

1.  Sikap: Observasi saat pembelajaran tentang rasa ingin tahu, tanggung jawab, komunikatif.

2.  Pengetahuan: Tes tertulis bentuk uraian tentang mengungkapkan kembali struktur dan aspek                              kebahasaan teks prosedur.

3. Keterampilan: Produk hasil mengungkapkan kembali struktur dan aspek kebahasaan teks                                    prosedur.

 

                                                                                                                        Pontianak,     Juli 2020

Mengetahui

Kepala Madrasah                                                                                  Guru Mata Pelajaran 

 

 

Drs. H. Razali, M.Pd.                                                                            Yulianti, S. Pd.

NIP. 196505191992031002                                                                    NIP. 198807172019032009 




Teks Prosedur

RPP BAHASA INDONESIA TEKS PROSEDUR KI 3.1 DAN 4.1 KELAS XI 2020/ 2021

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Mata Pelajaran

Nama Madrasah

Kelas/Semester

Materi Pokok

Alokasi Waktu

Bahasa Indonesia

MAN 1 Pontianak

XI /Ganjil

Teks Prosedur

4 X 45 menit 

 

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.1 Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur

3.1.1 menemukan informasi berupa pernyataan umum   dan tahapan dalam teks prosedur yang dibaca

3.1.2 menemukan tujuan teks prosedur yang dibaca

3.1.3 menemukan esensi teks prosedur yang dibaca

4.1 Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur yang tepat secara lisan dan tulis


4.1.1 merancang informasi berupa pernyataan umum   dan tahapan dalam teks prosedur yang dibaca

4.1.2 merancang tujuan yang harus disajikan dalam               teks prosedur

4.1.3 merancang esensi yang harus disajikan dalam               teks prosedur.       

A.   Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran problem based learning,  peserta didik dapat mengidentifikasi dan merancang informasi, tujuan, dan esensi dalam prosedur dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, dan komunikatif selama proses pembelajaran.

B. Langkah-Langkah Pembelajaran (model problem based learning

  1. Peserta didik menyimak tujuan pembelajaran.
  2. Peserta didik membaca contoh teks prosedur, menggali informasi, dan memberikan tanggapan terhadap teks yang dibaca. 
  3. Peserta didik membentuk kelompok belajar sesuai arahan pendidik dengan mempertimbangkan kemampuan akademik dan gender.
  4. Peserta didik dengan difasilitasi dan dibimbing guru menelaah dan mendiskusikan teks prosedur untuk menemukan dan merancang informasi, tujuan, dan esensi pada teks prosedur.
  5. Peserta didik menjawab permasalahan yang telah diidentifikasi, menyajikan laporan pembahasan hasil temuan dan penarikan kesimpulan di depan kelas.
  6. Peserta didik dalam kelompok lain menilai atau menanggapi hasil kerja kelompok lain.
  7. Peserta didik menarik kesimpulan.
  8. Pendidik melakukan evaluasi hasil belajar mengenai materi yang telah dipelajari.

C. Penilaian

  1. Sikap: Observasi saat pembelajaran tentang rasa ingin tahu, tanggung jawab, komunikatif.
  2. Pengetahuan: Tes tertulis bentuk uraian tentang mengidentifikasi informasi, tujuan, dan esensi dalam teks prosedur.
  3. Keterampilan: Produk hasil merancang informasi, tujuan, dan esensi yang akan disajikan dalam teks prosedur.

 

                                                                                                   Pontianak,   Juli 2020

Mengetahui

Kepala Madrasah                                                                       Guru Mata Pelajaran 

 

 

Drs. H. Razali, M.Pd.                                                                Yulianti, S. Pd.

NIP. 196505191992031002                                                     NIP. 198807172019032009    


     Teks Prosedur


TEKS CERAMAH: PENGERTIAN, STRUKTUR, KEBAHASAAN

 Teks Ceramah

A. Pengertian Teks Ceramah

        Secara umum, ceramah, khotbah, dan sambutan merupakan bagian dari pidato. ketiganya merupakan kegiatan berbicara di depan umum untuk menyampaikan pikiran, gagasan, atau informasi kepada pendengar yang bersifat persuasif. 
        Teks ceramah adalah teks yang berisi tentang informasi, pengetahuan, pemikiran, gagasan, yang akan disampaikan kepada khalayak umum. Biasanya teks ceramah disampaikan secara langsung atau melalui media komunikasi, seperti televisi, radio, dan media lainnya. 

B. Struktur Teks Ceramah

1. Pendahuluan ( tesis)

    Dalam pendahuluan (tesis) berisikan, isi, permasalahan, pandangan umum penulis.

2. Isi ( rangkaian argumen)

    Dalam isi (rangkaian argumen)berisikan, pendapat, fakta-fakta.

3. Penutup ( penegasan kembali)

    Dalam penutupan ( penegasan kembali) berisikan, simpulan, rangkuman.

C. Kaidah Kebahasaan Teks Ceramah

Adapun kaidah kebahasaan teks ceramah sebagai berikut.

1. Menggunakan kata ganti orang pertama/ tunggal (aku, saya) dan kata ganti orang kedua jamak (kami), sebagai sapaan.

2. Menggunakan kata-kata teknis atau peristilahan yang berkenaan dengan topik yang dibahas. 

3. Menggunakan kata-kata yang menunjukan hubungan argumentasi (sebab akibat), misalnya jika, maka, sebab, dll.

4. Menggunakan kata-kata kerja mental, seperti memperhatikan, mengagumkn, menduga, dll.

5. Menggunakan kata-kata persuasif, seperti hendaklah, sebaiknya, perlu, dll.





TEKS PROSEDUR: PENGERTIAN, STRUKTUR, KEBAHASAAN

TEKS PROSEDUR

A. Pengertian Teks Prosedur

Pernahkah kamu membaca sebuah teks tentang cara melakukan sesuatu? Jika pernah, nah itulah yang dinamakan teks prosedur. Jadi dengan kata lain teks prosedur adalah teks yang berisikan cara atau langkah-langkah melakukan sesuatu. Teks prosedur terdapat pada tulisan yang mengandung cara, tutorial, langkah, atau tips melakukan suatu kegiatan. Di dalam teks prosedur biasanya terdapat kalimat perintah (imperatif). Hal ini agar pembaca mau melakukan instruksi atau arahan dari penulis untuk melakukan kegiatan.    

B. Struktur Teks Prosedur

Teks prosedur mempunyai beberapa struktur, yaitu:
1. Tujuan: 

Tujuan ini berisi keterangan tentang mengapa kegiatan tersebut dibuat.

2. Material (Opsional) 

Material berisi penjelasan alat-alat atau bahan yang seharusnya digunakan dalam kegiatan tersebut. 

3. Langkah-langkah: 

Langkah-langkah berisi tentang cara atau tahapan-tahapan dalam kegiatan. Hal ini harus berurutan agar kagiatan sesuai atau teratur. 

C. Kebahasaan Teks Prosedur

Kaidah kebahasaan dalam teks prosedur meliputi:
1. konjungsi temporal, 
2. kata imperatif, 
3. verba material dan tingkah laku, 
4. partisipan manusia,
5. bilangan pendanda,
6. kalimat introgatif dan kalimat deklaratif.