RPP BAHASA INDONESIA TEKS CERAMAH KD 3.6 DAN 4.6 KELAS XI 2020/ 2021

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Nama Madrasah           : MAN 1 Pontianak

Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester             : XI / Ganjil

Materi Pokok               : Ceramah

Alokasi Waktu             : 2 X 45 Menit

 

v Kompetensi Dasar

3.5 Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah

4.6 Mengkonstruksi ceramah tentang permasalahan aktual dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan menggunakan struktur yang tepat

v Tujuan Pembelajaran

Setelah memperoleh penjelasan dan membaca, peserta didik dapat :

1.    Mengidentifikasi isi dan struktur dalam teks ceramah.

2.    Mengidentifikasi kaidah kebahasaan dalam teks ceramah.

3.    Menentukan aspek-aspek yang disunting dalam teks ceramah

4.    Menyampaikan hasil suntingan teks ceramah teks ceramah dengan memperhatikan penguasaan materi. vokal, gesture, ekspresi, dan intonasi.


v Materi Pembelajaran

1.    Struktur Teks Ceramah

a.       Pendahuluan ( tesis)

b.       Isi ( rangkaian argumen)

c.       Penutup ( penegasan kembali)

2.    Kaidah Kebahasaan Teks Ceramah

a.       Menggunakan kata ganti orang pertama/ tunggal (aku, saya) dan kata ganti orang kedua jamak (kami), sebagai sapaan.

b.       Menggunakan kata-kata teknis atau peristilahan yang berkenaan dengan topik yang dibahas. 

c.       Menggunakan kata-kata yang menunjukan hubungan argumentasi (sebab akibat), misalnya jika, maka, sebab, dll.

d.       Menggunakan kata-kata kerja mental, seperti memperhatikan, mengagumkn, menduga, dll.

e.       Menggunakan kata-kata persuasif, seperti hendaklah, sebaiknya, perlu, dll.


v Metode dan Teknik Pembelajaran

  • Metode : Pembelajaran di rumah
  • Teknik  : Penugasan melalui Elearning Madrasah


v Kegiatan Pembelajaran

1. Guru membuat materi belajar di Elearning Madrasah dan membagikan link kepada peserta didik untuk dibaca. (https://www.blogger.com/u/1/blog/post/edit/4799017112524136392/8361121239203142334?hl=id)

2.   Guru menampilkan materi memahami informasi dan permasalahan aktual yang didengar atau yang dibaca pada teks cermah melalui Elearning Madrasah.

        (https://www.blogger.com/u/1/blog/post/edit/4799017112524136392/8361121239203142334?hl=id )

3.  Peserta didik melakukan pengamatan dari materi teks ceramah yang ditampilkan guru melalui Elearning Madrasah.

4.    Peserta didik melakukan kegiatan membaca dan mencermati contoh teks ceramah yang ditampilkan melalui Elearning Madrasah. (https://www.blogger.com/u/1/blog/post/edit/4799017112524136392/8361121239203142334?hl=id)

5. Peserta didik mengerjakan tugas tentang memahami isi, struktur, dan kebahasaan teks ceramah yang ditampilkan guru melalui Elearning Madrasah yang dikerjakan melalui link penilaian pengetahuan dan keterampilan.

6.    Peserta didik diberikan kesempatan mengerjakan tugas tersebut.

7.   Peserta didik menyimpulkan dalam bentuk komentar melalui penilaian pengetahuan dan keterampilan materi informasi pengetahuan dan urutan kejadian pada teks ceramah yang telah dibaca dan diupload di Elearning Madrasah.

8.   Guru memonitoring hasil kerja peserta didik pada Elearning Madrasah dan melakukan penillaian

v Penilaian

Penilaian dalam bentuk esai yaitu dalam bentuk hasil kerja peserta didik pada Elearning Madrasah.

 

Pontianak,     Juli 2020

Mengetahui,

Kepala Madrasah                                                                           Guru Mata Pelajaran 

 

 

Drs. H. Razali, M.Pd.                                                                    Yulianti, S. Pd.

NIP. 196505191992031002                                                           NIP 198807172019032009



RPP CERAMAH KD 3.5 DAN 4.5

TEKS CERAMAH

VIDEO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar