RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran |
Nama Madrasah |
Kelas/Semester |
Materi Pokok |
Alokasi Waktu |
Bahasa Indonesia |
MAN 1 Pontianak |
XI /Ganjil |
Teks Prosedur |
4 X 45 menit |
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian
Kompetensi |
3.1 Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur |
3.1.1 menemukan informasi berupa pernyataan umum dan tahapan
dalam teks prosedur yang dibaca 3.1.2 menemukan tujuan teks prosedur yang dibaca 3.1.3 menemukan esensi teks prosedur yang dibaca |
4.1 Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur yang tepat secara lisan dan tulis |
4.1.1 merancang informasi berupa pernyataan umum dan tahapan
dalam teks prosedur yang dibaca 4.1.2 merancang tujuan yang harus disajikan dalam teks prosedur 4.1.3 merancang esensi yang harus disajikan dalam teks prosedur. |
A. Tujuan Pembelajaran
Melalui
kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran problem based
learning, peserta didik dapat mengidentifikasi dan merancang
informasi, tujuan, dan esensi dalam prosedur dengan rasa ingin tahu, tanggung
jawab, dan komunikatif selama proses pembelajaran.
B. Langkah-Langkah Pembelajaran (model problem based learning)
- Peserta didik menyimak tujuan pembelajaran.
- Peserta didik membaca contoh teks prosedur, menggali informasi, dan memberikan tanggapan terhadap teks yang dibaca.
- Peserta didik membentuk kelompok belajar sesuai arahan pendidik dengan mempertimbangkan kemampuan akademik dan gender.
- Peserta didik dengan difasilitasi dan dibimbing guru menelaah dan mendiskusikan teks prosedur untuk menemukan dan merancang informasi, tujuan, dan esensi pada teks prosedur.
- Peserta didik menjawab permasalahan yang telah diidentifikasi, menyajikan laporan pembahasan hasil temuan dan penarikan kesimpulan di depan kelas.
- Peserta didik dalam kelompok lain menilai atau menanggapi hasil kerja kelompok lain.
- Peserta didik menarik kesimpulan.
- Pendidik melakukan evaluasi hasil belajar mengenai materi yang telah dipelajari.
C. Penilaian
- Sikap: Observasi saat pembelajaran tentang rasa ingin tahu, tanggung jawab, komunikatif.
- Pengetahuan: Tes tertulis bentuk uraian tentang mengidentifikasi informasi, tujuan, dan esensi dalam teks prosedur.
- Keterampilan:
Produk hasil merancang informasi, tujuan, dan esensi yang akan disajikan dalam
teks prosedur.
Pontianak, Juli 2020
Mengetahui
Kepala
Madrasah Guru
Mata Pelajaran
Drs. H. Razali, M.Pd. Yulianti, S. Pd.
NIP. 196505191992031002 NIP. 198807172019032009