RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Madrasah : MAN 1 Pontianak
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI / Ganjil
Materi
Pokok : Eksplanasi
Alokasi
Waktu : 2 X 45 Menit
v Kompetensi Dasar
3.3 Mengidentifikasi informasi
(pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi lisan dan tulis
4.3 Mengkonstruksi informasi
(pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis
v Tujuan Pembelajaran
Setelah memperoleh
penjelasan dan membaca, peserta didik dapat :
1. Menentukan informasi (pengetahuan dan urutan
kejadian) dalam teks ekplanasi lisan dan tulis.
2. Menemukan
makna tersirat dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis
3. Mengkonstruksi
informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara lisan
dan tulis
4. Menyajikan
hasil teks eksplanasi.
v Materi Pembelajaran
1. Teks Eksplanasi:
a.
Fakta
b.
Pernyataan-pernyataan sebab-akibat (kausalitas).
v Metode dan Teknik Pembelajaran
·
Metode : Pembelajaran di rumah
·
Teknik : Penugasan melalui Elearning
Madrasah
v Kegiatan Pembelajaran
1. Guru membuat materi belajar di Elearning
Madrasah dan membagikan link kepada peserta didik untuk dibaca. (https://www.youtube.com/watch?v=1wkHgIISY3c&t=27s)
2. Guru menampilkan materi memahami informasi pengetahuan dan urutan kejadian pada teks eksplanasi melalui Elearning Madrasah.
(https://www.youtube.com/watch?v=1wkHgIISY3c&t=27s).
3. Peserta didik melakukan pengamatan
dari materi teks
eksplanasi yang ditampilkan guru melalui Elearning Madrasah.
4. Peserta didik melakukan kegiatan
membaca dan mencermati contoh teks eksplanasi yang ditampilkan melalui Elearning
Madrasah. (https://www.studiobelajar.com/teks-eksplanasi/)
5. Peserta didik mengerjakan tugas
tentang memahami isi dan sistematika teks eksplanasi yang ditampilkan
guru melalui Elearning Madrasah yang dikerjakan melalui link google form.
6.
Peserta didik diberikan kesempatan
mengerjakan tugas tersebut.
7. Peserta didik menyimpulkan dalam
bentuk komentar melalui penilaian pengetahuan dan keterampilan materi informasi
pengetahuan dan urutan kejadian pada
teks eksplanasi yang telah dibaca dan diupload di
Elearning Madrasah.
8. Guru memonitoring hasil kerja peserta
didik pada Elearning Madrasah dan melakukan penillaian
v Penilaian
Penilaian
dalam bentuk esai yaitu dalam bentuk hasil kerja peserta didik pada Elearning
Madrasah.
Pontianak, Juli 2020
Mengetahui,
Kepala
Madrasah Guru
Mata Pelajaran
Drs. H. Razali, M.Pd. Yulianti,
S. Pd.
NIP. 196505191992031002 NIP. 198807172019032009
Pontianak, Juli 2020
Mengetahui,
Kepala
Madrasah Guru
Mata Pelajaran
Drs. H. Razali, M.Pd. Yulianti,
S. Pd.
NIP. 196505191992031002 NIP. 198807172019032009