RPP BAHASA INDONESIA TEKS CERAMAH KD 3.5 DAN 4.5 KELAS XI 2020/ 2021

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Nama Madrasah         : MAN 1 Pontianak

Mata Pelajaran           : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester           : XI / Ganjil

Materi Pokok             : Ceramah

Alokasi Waktu            : 2 X 45 Menit

 

v Kompetensi Dasar

3.5   Mengidentifikasi informasi berupa permasalahan actual yang disajikan dalam ceramah

3.6   Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan untuk disajikan dalam ceramah

v Tujuan Pembelajaran

Setelah memperoleh penjelasan dan membaca, peserta didik dapat :

1.       Memahami informasi dan permasalahan yang didengar atau yang dibaca.

2.       Menemukan informasi dan permasalahan aktual dalam teks ceramah.

3.       Menelaah bagian-bagian penting dalam teks ceramah.

4.       Menemukan kalimat majemuk bertingkat dalam teks ceramah.

 

v Materi Pembelajaran

·      Pengertian Teks Ceramah

Teks ceramah adalah teks yang berisi tentang informasi, pengetahuan, pemikiran, gagasan, yang akan disampaikan kepada khalayak umum.

Selain itu, ada pula yang disebut dengan pidato dan khotbah. Untuk memahami kedua hal tersebut, cermatilah perbedaan di antara keduanya.

a.   Pidato, adalah pembicaraan di depan umum yang cenderung bersifat persuasive, yakni berisi ajakan ataupun dorongan pada khalayak untuk berbuat sesuatu.

b.    Khotbah adalah pembicaraan di depan umum yang berisi penyampaian pengetahuan keagamaan atau praktik beribadah dan ajakan-ajakan untuk memperkuat keislaman.

 

v Metode dan Teknik Pembelajaran

·         Metode : Pembelajaran di rumah

·         Teknik  : Penugasan melalui Elearning Madrasah

v Kegiatan Pembelajaran

1. Guru membuat materi belajar di Elearning Madrasah dan membagikan link kepada peserta didik untuk dibaca. (https://www.blogger.com/u/1/blog/post/edit/4799017112524136392/8361121239203142334?hl=id)

2.  Guru menampilkan materi memahami informasi dan permasalahan aktual yang didengar atau yang dibaca pada teks cermah melalui Elearning Madrasah.

(https://www.blogger.com/u/1/blog/post/edit/4799017112524136392/8361121239203142334?hl=id )

3.  Peserta didik melakukan pengamatan dari materi teks ceramah yang ditampilkan guru melalui Elearning Madrasah.

4.    Peserta didik melakukan kegiatan membaca dan mencermati contoh teks ceramah yang ditampilkan melalui Elearning Madrasah.

(https://www.blogger.com/u/1/blog/post/edit/4799017112524136392/8361121239203142334?hl=id)

5.  Peserta didik mengerjakan tugas tentang memahami isi dan sistematika teks ceramah yang ditampilkan guru melalui Elearning Madrasah yang dikerjakan melalui link penilaian pengetahuan dan keterampilan.

6.    Peserta didik diberikan kesempatan mengerjakan tugas tersebut.

7.   Peserta didik menyimpulkan dalam bentuk komentar melalui penilaian pengetahuan dan keterampilan materi informasi pengetahuan dan urutan kejadian pada teks ceramah yang telah dibaca dan diupload di Elearning Madrasah.

8.   Guru memonitoring hasil kerja peserta didik pada Elearning Madrasah dan melakukan penillaian

v Penilaian

Penilaian dalam bentuk esai yaitu dalam bentuk hasil kerja peserta didik pada Elearning Madrasah.

 

Pontianak,     Juli 2020

Mengetahui

Kepala Madrasah                                                                           Guru Mata Pelajaran 

 

 

Drs. H. Razali, M.Pd.                                                                    Yulianti, S. Pd.

NIP. 196505191992031002                                                             NIP 198807172019032009   


TEKS CERAMAH   

VIDEO CERAMAH

RPP CERAMAH KD 3.6 DAN 4.6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar