RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Madrasah : MAN 1 Pontianak
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI / Ganjil
Materi
Pokok : Eksplanasi
Alokasi
Waktu : 2 X 45 Menit
v Kompetensi Dasar
3.4 Menganalisis struktur dan
kebahasaan teks eksplanasi
4.4 Memproduksi teks eksplanasi
secara lisan atautulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan
v Tujuan Pembelajaran
Setelah memperoleh
penjelasan dan membaca, peserta didik dapat :
1.
Menentukan struktur dan kebahasaan teks
eksplanasi.
2.
Memproduksi
teks eksplanasi secara lisan atautulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan
3.
Menyajikan
hasil teks eksplanasi.
v Materi Pembelajaran
1.
1. Struktur Teks Eksplanasi:
a. Pengetahuan
b. Deretan
Penjelas
c. Interpretasi
(opsional)
2. Ciri-ciri Teks Eksplanasi
Pembahasan dalam teks eksplanasi
menggunakan konteks ilmiah melalui pemaparan sejarah, definisi, klasifikasi, dan
kebiasaan. Informasi tersebut dapat berupa fakta-fakta empiris, data statistik,
dan rangkaian peristiwa yang menjelaskan korelasi antaraspek dan antarperistiwa
dalam teks. Berikut ciri-ciri atau karakteristik teks eksplanasi yang dapat
memudahkan kita untuk membedakan antara teks eksplanasi dengan teks lainnya.
a. Ilmiah
Fenomena yang dijelaskan dalam teks
eksplanasi berdasarkan konteks ilmiah, yaitu berupa fakta, realita, teori, dan
penelitian. Penjelasan tersebut dapat berupa sejarah, klasifikasi, atau
definisi.
b. Logis
Penjelasan fenomena dalam teks
eksplanasi bersifat logis dan teoretis.
c. Objektif
Penjelasan dalam teks dapat disertai
argumen yang bersifat objektif dengan didukung teori yang relevan, sehingga
dapat pula dijadikan rujukan yang valid.
d. Bukan teks eksposisi
Teks eksplanasi tidak
bertujuan memengaruhi pembaca, tetapi memaparkan fakta berdasarkan bidang
keilmuan.
e. Bukan teks prosedur
Teks eksplanasi
menjelaskan proses yang alami, tidak disadari, dan melalui jangka waktu yang
panjang.
3. Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi.
a. Kopula
Kata ini digunakan
untuk menjelaskan definisi kata, istilah, atau konsep yang berkaitan dengan
suatu fenomena. Misalnya, merupakan dalam kalimat Indonesia merupakan negara
kepulauan.
b. Kata kerja aktif
Kata ini kerap digunakan pada bagian
deretan penjelas, sebab bertujuan menjelaskan sebab dan proses, sehingga subjek
(fenomena) berperan sebagai tujuan dari suatu perbuatan atau peristiwa
tertentu.
c. Konjungsi
Konjungsi yang digunakan menjelaskan
hubungan sebab akibat dan hubungan kronologi terjadinya suatu fenomena.
Misalnya, jika, bila, sehingga, sebelum, pertama, dan kemudian.
d. Keterangan waktu
Kata ini digunakan untuk menjelaskan
waktu terjadinya suatu fenomena.
e. Istilah ilmiah
Istilah ilmiah yang sesuai konteks
kerap digunakan untuk memperjelas definisi, hubungan sebab akibat, ataupun
kronologi terjadinya suatu fenomena.
f. Kata ganti benda
Subjek yang dijelaskan menggunakan kata
ganti benda (nonpersona), seperti itu, ini, dan tersebut. Teks eksplanasi juga
hanya fokus pada hal umum, seperti gempa bumi, banjir, hujan, dan
udara.
4.
Menulis Teks Eksplanasi
Dalam membuat teks eksplanasi, kita
dapat menggunakan dua pola pengembangan, yaitu pola pengembangan sebab akibat
dan pola pengembangan proses. Berikut langkah-langkah menulis teks eksplanasi.
- Menentukan topik yang menarik
- Membuat rancangan kerangka/ teks
- Mengumpulkan referensi
- Mengembangkan teks
- Menyunting teks
v Metode dan Teknik Pembelajaran
·
Metode : Pembelajaran di rumah
·
Teknik : Penugasan melalui Elearning Madrasah
v Kegiatan Pembelajaran
1. Guru membuat materi belajar di Elearning
Madrasah dan membagikan link kepada peserta didik untuk dibaca. (https://www.youtube.com/watch?v=1wkHgIISY3c&t=27s)
2. Guru menampilkan materi memahami struktur dan kebahasaan teks
eksplanasi melalui Elearning Madrasah. (https://www.youtube.com/watch?v=1wkHgIISY3c&t=27s).
3. Peserta didik melakukan pengamatan dari materi teks eksplanasi yang ditampilkan guru melalui Elearning Madrasah.
4. Peserta didik melakukan kegiatan membaca dan mencermati contoh teks eksplanasi yang ditampilkan melalui Elearning Madrasah. ( https://www.studiobelajar.com/teks-eksplanasi/ )
5. Peserta didik mengerjakan tugas
tentang memahami struktur
dan kebahasaan teks eksplanasi yang ditampilkan guru melalui Elearning
Madrasah yang dikerjakan melalui penilaian pengetahuan dan keterampilan di
Elearning Madrasah.
6.
Peserta didik diberikan kesempatan
mengerjakan tugas tersebut.
7. Peserta didik menyimpulkan dalam
bentuk komentar melalui penilaian pengetahuan dan keterampilan di Elearning
Madrasah materi informasi pengetahuan dan urutan kejadian pada teks eksplanasi
yang telah dibaca.
8. Guru memonitoring hasil kerja peserta
didik pada Elearning Madrasah dan melakukan penillaian
v Penilaian
Penilaian dalam
bentuk esai yaitu dalam bentuk hasil kerja peserta didik pada penilaian
pengetahuan dan keterampilan di Elearning Madrasah.
Pontianak, Juli 2020
Mengetahui,
Kepala
Madrasah Guru
Mata Pelajaran
Drs. H. Razali, M.Pd. Yulianti,
S. Pd.