RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Madrasah : MAN 1 Pontianak
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI / Ganjil
Materi
Pokok : Ceramah
Alokasi
Waktu : 2 X 45 Menit
v Kompetensi Dasar
3.5 Menganalisis isi, struktur, dan
kebahasaan dalam ceramah
4.6 Mengkonstruksi ceramah tentang
permasalahan aktual dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan menggunakan
struktur yang tepat
v Tujuan Pembelajaran
Setelah memperoleh
penjelasan dan membaca, peserta didik dapat :
1.
Mengidentifikasi isi dan struktur dalam teks ceramah.
2.
Mengidentifikasi kaidah kebahasaan dalam teks ceramah.
3.
Menentukan aspek-aspek yang disunting dalam teks ceramah
4.
Menyampaikan hasil suntingan teks ceramah teks ceramah dengan
memperhatikan penguasaan materi. vokal, gesture, ekspresi, dan intonasi.
v Materi Pembelajaran
1. Struktur Teks Ceramah
a.
Pendahuluan
( tesis)
b.
Isi
( rangkaian argumen)
c. Penutup ( penegasan kembali)
2. Kaidah Kebahasaan Teks Ceramah
a.
Menggunakan kata ganti orang pertama/ tunggal (aku, saya) dan kata
ganti orang kedua jamak (kami), sebagai sapaan.
b.
Menggunakan kata-kata teknis atau peristilahan yang berkenaan
dengan topik yang dibahas.
c.
Menggunakan kata-kata yang menunjukan hubungan argumentasi (sebab
akibat), misalnya jika, maka, sebab, dll.
d.
Menggunakan kata-kata kerja mental, seperti memperhatikan,
mengagumkn, menduga, dll.
e.
Menggunakan kata-kata persuasif, seperti hendaklah, sebaiknya,
perlu, dll.
v Metode dan Teknik Pembelajaran
- Metode :
Pembelajaran di rumah
- Teknik :
Penugasan melalui Elearning Madrasah
v Kegiatan Pembelajaran
1. Guru membuat materi belajar di
Elearning Madrasah dan membagikan link kepada peserta didik untuk dibaca. (https://www.blogger.com/u/1/blog/post/edit/4799017112524136392/8361121239203142334?hl=id)
2. Guru menampilkan materi memahami informasi dan permasalahan aktual yang didengar atau
yang dibaca pada
teks cermah melalui Elearning Madrasah.
(https://www.blogger.com/u/1/blog/post/edit/4799017112524136392/8361121239203142334?hl=id
)
3. Peserta didik melakukan pengamatan
dari materi teks
ceramah
yang ditampilkan guru melalui Elearning Madrasah.
4.
Peserta didik melakukan kegiatan
membaca dan mencermati contoh teks ceramah yang ditampilkan melalui
Elearning Madrasah. (https://www.blogger.com/u/1/blog/post/edit/4799017112524136392/8361121239203142334?hl=id)
5. Peserta didik mengerjakan tugas
tentang memahami isi, struktur,
dan kebahasaan teks ceramah yang ditampilkan guru melalui
Elearning Madrasah yang dikerjakan melalui link penilaian pengetahuan dan
keterampilan.
6.
Peserta didik diberikan kesempatan
mengerjakan tugas tersebut.
7. Peserta didik menyimpulkan dalam
bentuk komentar melalui penilaian pengetahuan dan keterampilan materi informasi
pengetahuan dan urutan kejadian pada
teks ceramah yang telah dibaca dan diupload di Elearning Madrasah.
8. Guru memonitoring hasil kerja peserta
didik pada Elearning Madrasah dan melakukan penillaian
v Penilaian
Penilaian
dalam bentuk esai yaitu dalam bentuk hasil kerja peserta didik pada Elearning
Madrasah.
Pontianak, Juli 2020
Mengetahui,
Kepala
Madrasah Guru
Mata Pelajaran
Drs. H. Razali, M.Pd. Yulianti,
S. Pd.
NIP. 196505191992031002 NIP 198807172019032009
RPP CERAMAH KD 3.5 DAN 4.5
TEKS CERAMAH
VIDEO