RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Madrasah : MAN 1 Pontianak
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI / Ganjil
Materi
Pokok : Ceramah
Alokasi
Waktu : 2 X 45 Menit
v Kompetensi Dasar
3.5
Mengidentifikasi
informasi berupa permasalahan actual yang disajikan dalam ceramah
3.6
Menyusun
bagian-bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan untuk disajikan
dalam ceramah
v Tujuan Pembelajaran
Setelah memperoleh
penjelasan dan membaca, peserta didik dapat :
1. Memahami
informasi dan permasalahan yang didengar atau yang dibaca.
2. Menemukan
informasi dan permasalahan aktual dalam teks ceramah.
3. Menelaah
bagian-bagian penting dalam teks ceramah.
4. Menemukan
kalimat majemuk bertingkat dalam teks ceramah.
v Materi Pembelajaran
·
Pengertian Teks Ceramah
Teks ceramah adalah teks yang berisi
tentang informasi, pengetahuan, pemikiran, gagasan, yang akan disampaikan
kepada khalayak umum.
Selain itu, ada pula yang disebut dengan pidato dan khotbah.
Untuk memahami kedua hal tersebut, cermatilah perbedaan di antara keduanya.
a. Pidato,
adalah pembicaraan di depan umum yang cenderung bersifat persuasive, yakni
berisi ajakan ataupun dorongan pada khalayak untuk berbuat sesuatu.
b. Khotbah
adalah pembicaraan di depan umum yang berisi penyampaian pengetahuan keagamaan
atau praktik beribadah dan ajakan-ajakan untuk memperkuat keislaman.
v Metode dan Teknik Pembelajaran
·
Metode :
Pembelajaran di rumah
·
Teknik :
Penugasan melalui Elearning Madrasah
v Kegiatan Pembelajaran
1. Guru membuat materi belajar di
Elearning Madrasah dan membagikan link kepada peserta didik untuk dibaca. (https://www.blogger.com/u/1/blog/post/edit/4799017112524136392/8361121239203142334?hl=id)
2. Guru menampilkan materi memahami informasi dan permasalahan aktual yang didengar atau
yang dibaca pada
teks cermah melalui Elearning Madrasah.
(https://www.blogger.com/u/1/blog/post/edit/4799017112524136392/8361121239203142334?hl=id
)
3. Peserta didik melakukan pengamatan
dari materi teks ceramah
yang ditampilkan guru melalui Elearning Madrasah.
4.
Peserta didik melakukan kegiatan
membaca dan mencermati contoh teks ceramah yang ditampilkan melalui
Elearning Madrasah.
(https://www.blogger.com/u/1/blog/post/edit/4799017112524136392/8361121239203142334?hl=id)
5. Peserta didik mengerjakan tugas
tentang memahami isi dan sistematika teks ceramah yang ditampilkan
guru melalui Elearning Madrasah yang dikerjakan melalui link penilaian
pengetahuan dan keterampilan.
6.
Peserta didik diberikan kesempatan
mengerjakan tugas tersebut.
7. Peserta didik menyimpulkan dalam
bentuk komentar melalui penilaian pengetahuan dan keterampilan materi informasi
pengetahuan dan urutan kejadian pada
teks ceramah yang telah dibaca dan diupload di Elearning
Madrasah.
8. Guru memonitoring hasil kerja peserta
didik pada Elearning Madrasah dan melakukan penillaian
v Penilaian
Penilaian
dalam bentuk esai yaitu dalam bentuk hasil kerja peserta didik pada Elearning
Madrasah.
Pontianak, Juli 2020
Mengetahui
Kepala
Madrasah Guru
Mata Pelajaran
Drs. H. Razali, M.Pd. Yulianti,
S. Pd.
NIP. 196505191992031002 NIP 198807172019032009