RPP BAHASA INDONESIA TEKS EKSPLANASI KD 3.4 DAN 4.4 KELAS XI 2020/ 2021

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Nama Madrasah           : MAN 1 Pontianak

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester           : XI / Ganjil

Materi Pokok             : Eksplanasi

Alokasi Waktu            : 2 X 45 Menit

 

v Kompetensi Dasar

3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi

4.4 Memproduksi teks eksplanasi secara lisan atautulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan 

v Tujuan Pembelajaran

Setelah memperoleh penjelasan dan membaca, peserta didik dapat :

1.    Menentukan struktur dan kebahasaan teks eksplanasi.

2.    Memproduksi teks eksplanasi secara lisan atautulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan 

3.    Menyajikan hasil teks eksplanasi.

v Materi Pembelajaran

1.           1. Struktur Teks Eksplanasi:

a. Pengetahuan

b. Deretan Penjelas

c. Interpretasi (opsional)

2.    Ciri-ciri Teks Eksplanasi

Pembahasan dalam teks eksplanasi menggunakan konteks ilmiah melalui pemaparan sejarah, definisi, klasifikasi, dan kebiasaan. Informasi tersebut dapat berupa fakta-fakta empiris, data statistik, dan rangkaian peristiwa yang menjelaskan korelasi antaraspek dan antarperistiwa dalam teks. Berikut ciri-ciri atau karakteristik teks eksplanasi yang dapat memudahkan kita untuk membedakan antara teks eksplanasi dengan teks lainnya.

a. Ilmiah

Fenomena yang dijelaskan dalam teks eksplanasi berdasarkan konteks ilmiah, yaitu berupa fakta, realita, teori, dan penelitian. Penjelasan tersebut dapat berupa sejarah, klasifikasi, atau definisi.

b. Logis

Penjelasan fenomena dalam teks eksplanasi bersifat logis dan teoretis.

c. Objektif

Penjelasan dalam teks dapat disertai argumen yang bersifat objektif dengan didukung teori yang relevan, sehingga dapat pula dijadikan rujukan yang valid.

d. Bukan teks eksposisi

Teks eksplanasi tidak bertujuan memengaruhi pembaca, tetapi memaparkan fakta berdasarkan bidang keilmuan.

e.    Bukan teks prosedur

Teks eksplanasi menjelaskan proses yang alami, tidak disadari, dan melalui jangka waktu yang panjang.


3. Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi.

a.    Kopula

Kata ini digunakan untuk menjelaskan definisi kata, istilah, atau konsep yang berkaitan dengan suatu fenomena. Misalnya, merupakan dalam kalimat Indonesia merupakan negara kepulauan.

b.    Kata kerja aktif

Kata ini kerap digunakan pada bagian deretan penjelas, sebab bertujuan menjelaskan sebab dan proses, sehingga subjek (fenomena) berperan sebagai tujuan dari suatu perbuatan atau peristiwa tertentu.

c.    Konjungsi

Konjungsi yang digunakan menjelaskan hubungan sebab akibat dan hubungan kronologi terjadinya suatu fenomena. Misalnya, jika, bila, sehingga, sebelum, pertama, dan kemudian.

d. Keterangan waktu

Kata ini digunakan untuk menjelaskan waktu terjadinya suatu fenomena.

e. Istilah ilmiah

Istilah ilmiah yang sesuai konteks kerap digunakan untuk memperjelas definisi, hubungan sebab akibat, ataupun kronologi terjadinya suatu fenomena.

f.  Kata ganti benda

Subjek yang dijelaskan menggunakan kata ganti benda (nonpersona), seperti itu, ini, dan tersebut. Teks eksplanasi juga hanya fokus pada hal umum, seperti gempa bumi, banjirhujan, dan udara.


4. Menulis Teks Eksplanasi

Dalam membuat teks eksplanasi, kita dapat menggunakan dua pola pengembangan, yaitu pola pengembangan sebab akibat dan pola pengembangan proses. Berikut langkah-langkah menulis teks eksplanasi.

  1. Menentukan topik yang menarik
  1. Membuat rancangan kerangka/ teks
  1. Mengumpulkan referensi
  1. Mengembangkan teks
  1. Menyunting teks

v Metode dan Teknik Pembelajaran

·          Metode : Pembelajaran di rumah

·          Teknik : Penugasan melalui Elearning Madrasah

v Kegiatan Pembelajaran

1. Guru membuat materi belajar di Elearning Madrasah dan membagikan link kepada peserta didik untuk dibaca. (https://www.youtube.com/watch?v=1wkHgIISY3c&t=27s)

2.   Guru menampilkan materi memahami struktur dan kebahasaan teks eksplanasi melalui Elearning Madrasah. (https://www.youtube.com/watch?v=1wkHgIISY3c&t=27s).

3.  Peserta didik melakukan pengamatan dari materi teks eksplanasi yang ditampilkan guru melalui Elearning Madrasah.

4. Peserta didik melakukan kegiatan membaca dan mencermati contoh teks eksplanasi yang ditampilkan melalui Elearning Madrasah. ( https://www.studiobelajar.com/teks-eksplanasi/ )

5. Peserta didik mengerjakan tugas tentang memahami struktur dan kebahasaan teks eksplanasi yang ditampilkan guru melalui Elearning Madrasah yang dikerjakan melalui penilaian pengetahuan dan keterampilan di Elearning Madrasah.

6.    Peserta didik diberikan kesempatan mengerjakan tugas tersebut.

7.  Peserta didik menyimpulkan dalam bentuk komentar melalui penilaian pengetahuan dan keterampilan di Elearning Madrasah materi informasi pengetahuan dan urutan kejadian pada teks eksplanasi yang telah dibaca.

8.   Guru memonitoring hasil kerja peserta didik pada Elearning Madrasah dan melakukan penillaian

v Penilaian

     Penilaian dalam bentuk esai yaitu dalam bentuk hasil kerja peserta didik pada penilaian pengetahuan dan keterampilan di Elearning Madrasah.

 

Pontianak,     Juli 2020

Mengetahui,

Kepala Madrasah                                                   Guru Mata Pelajaran 

 

 

Drs. H. Razali, M.Pd.                                                Yulianti, S. Pd.

NIP. 196505191992031002                                           NIP 198807172019032009      

RPP BAHASA INDONESIA TEKS EKSPLANASI KD 3.3 DAN 4.3 KELAS XI 2020/ 2021

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Nama Madrasah        : MAN 1 Pontianak
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester           : XI / Ganjil
Materi Pokok             : Eksplanasi
Alokasi Waktu           : 2 X 45 Menit

v Kompetensi Dasar

3.3 Mengidentifikasi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi lisan dan tulis

4.3 Mengkonstruksi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis

v Tujuan Pembelajaran

Setelah memperoleh penjelasan dan membaca, peserta didik dapat :

1.   Menentukan informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi lisan dan tulis.

2.    Menemukan makna tersirat dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis

3.  Mengkonstruksi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis

4.    Menyajikan hasil teks eksplanasi.

v Materi Pembelajaran

        1.       Teks Eksplanasi:

a.     Fakta

b.     Pernyataan-pernyataan sebab-akibat (kausalitas).

 v Metode dan Teknik Pembelajaran

            ·         Metode : Pembelajaran di rumah

            ·         Teknik : Penugasan melalui Elearning Madrasah

v Kegiatan Pembelajaran

1.  Guru membuat materi belajar di Elearning Madrasah dan membagikan link kepada peserta didik untuk dibaca. (https://www.youtube.com/watch?v=1wkHgIISY3c&t=27s)

2. Guru menampilkan materi memahami informasi pengetahuan dan urutan kejadian pada teks eksplanasi melalui Elearning Madrasah.

     (https://www.youtube.com/watch?v=1wkHgIISY3c&t=27s).

3.  Peserta didik melakukan pengamatan dari materi teks eksplanasi yang ditampilkan guru melalui Elearning Madrasah.

4. Peserta didik melakukan kegiatan membaca dan mencermati contoh teks eksplanasi yang ditampilkan melalui Elearning Madrasah. (https://www.studiobelajar.com/teks-eksplanasi/)

5.  Peserta didik mengerjakan tugas tentang memahami isi dan sistematika teks eksplanasi yang ditampilkan guru melalui Elearning Madrasah yang dikerjakan melalui link google form.

6.    Peserta didik diberikan kesempatan mengerjakan tugas tersebut.

7. Peserta didik menyimpulkan dalam bentuk komentar melalui penilaian pengetahuan dan keterampilan materi informasi pengetahuan dan urutan kejadian pada teks eksplanasi yang telah dibaca dan diupload di Elearning Madrasah.

8. Guru memonitoring hasil kerja peserta didik pada Elearning Madrasah dan melakukan penillaian

v Penilaian

    Penilaian dalam bentuk esai yaitu dalam bentuk hasil kerja peserta didik pada Elearning Madrasah.


Pontianak,     Juli 2020

Mengetahui,

Kepala Madrasah                                                                               Guru Mata Pelajaran 

 

 

Drs. H. Razali, M.Pd.                                                                         Yulianti, S. Pd.

NIP. 196505191992031002                                                                NIP. 198807172019032009    





  

RPP BAHASA INDONESIA TEKS PROSEDUR KD 3.2 DAN 4.2 KELAS XI 2020/ 2021

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Mata Pelajaran

Nama Madrasah

Kelas/Semester

Materi Pokok

Alokasi Waktu

Bahasa Indonesia

MAN 1 Pontianak

XI /Ganjil

Teks Prosedur

4 X 45 menit 

 

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.2 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur


3.2.1 Mengungkapkan kembali struktur teks prosedur

3.2.2 Mengungkapkan kembali aspek kebahasaan teks                   prosedur

4.2 Mengembangkan teks prosedur dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan

4.1.1 Menyusun rancangan garis besar suatu prosedur


4.1.2 Mengembangkan teks prosedur dengan memperhatikan struktur dan unsur kebahasaan

 

v  Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran problem based learning,  peserta didik dapat mengungkapkan kembali struktur dan aspek kebahasaan teks prosedur, dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, dan komunikatif selama proses pembelajaran.

v  Langkah-Langkah Pembelajaran (model problem based learning

1.    Peserta didik menyimak tujuan pembelajaran.

2.    Peserta didik membaca contoh teks prosedur, menggali informasi, dan memberikan tanggapan terhadap teks yang dibaca. 

3.    Peserta didik membentuk kelompok belajar sesuai arahan pendidik dengan mempertimbangkan kemampuan akademik dan gender.  

4.    Peserta didik dengan difasilitasi dan dibimbing guru menelaah dan mendiskusikan teks prosedur untuk mengungkapkan kembali struktur dan aspek kebahasaan teks prosedur.   

5.    Peserta didik menjawab permasalahan yang telah ditelaah, menyajikan laporan pembahasan hasil temuan dan penarikan kesimpulan di depan kelas. . 

6.    Peserta didik dalam kelompok lain menilai atau menanggapi hasil kerja kelompok lain. 

7.    Peserta didik menarik kesimpulan.

8.    Pendidik melakukan evaluasi hasil belajar mengenai materi yang telah dipelajari.

v  Penilaian

1.  Sikap: Observasi saat pembelajaran tentang rasa ingin tahu, tanggung jawab, komunikatif.

2.  Pengetahuan: Tes tertulis bentuk uraian tentang mengungkapkan kembali struktur dan aspek                              kebahasaan teks prosedur.

3. Keterampilan: Produk hasil mengungkapkan kembali struktur dan aspek kebahasaan teks                                    prosedur.

 

                                                                                                                        Pontianak,     Juli 2020

Mengetahui

Kepala Madrasah                                                                                  Guru Mata Pelajaran 

 

 

Drs. H. Razali, M.Pd.                                                                            Yulianti, S. Pd.

NIP. 196505191992031002                                                                    NIP. 198807172019032009 




Teks Prosedur